Bagaimana Menerbangkan Helicopter ?


Secara umum prinsip aerodinamika pada helikopter sama dengan pada pesawat sayap tetap (fixed-wing). Bila aliran udara (airflow) pada fixed-wing mengalir melalui aerofoil yang ada pada sayap, pada helikopter airflow mengalirmelalui baling-baling yang berfungsi sebagai sayap. Itu sebab, helikopter dikenal pula sebagai rotary wing aircraft. Pada helikopter, setiap titik di sepanjang baling-baling rotor utama atau main rotor blades (M/R blades) menghasilkan gaya angkat (lift) yang bervariasi. Lift terbesar ada pada ujung terjauh baling-baling. Gaya yang mengangkat helikopter adalah resultante lift yang dihasilkan di atas main rotor shaft (M/R shaft) atau poros rotor utama. Umumnya, di bawah M/R shaft'm pula terdapat titik berat atau Center of Gravity (CG) helikopter.


Bayangkan helikopter yang sedang mengudara.PutaranM/R Blades akan membentuk main rotor disc (M/R disc) dengan M/R shaft sebagai pusat. Disebut disc, karena saat berputar M/R blades akan membentuk seperti kerucut terbalik. Putaran M/R blades akan menghasilkan lift (daya angkat). Namun, laiknya baling-baling berputar satu arah, Hukum II Newton memungkinkan terjadinya efek puntir atau torque effect. Efek ini membuat badan pesawat berputar ke arah berlawanan dari arah gerak M/R blades. Jika baling-baling berputar searah jarum jam, efek puntir akan menyebabkan badan pesawat berputar ke arah sebaliknya. Mengingat jika dibiarkan penerbangan menjadi tak aman dan nyaman, perancang helikopter memasang baling-baling rotor ekor atau tail rotor blades (T/R blades). T/R Blades selanjutnya berfungsi sebagai anti-torque effect. T/R Bladed sendiri ada dua tipe, yakni tipe dorong (push type) atau tipe tarik (pulltype). Dengan push type, resultan gaya yang dihasilkan T/R disc mendorong pesawat untuk menghasilkan efek anti-torque. Sementara dengan pull type, resultan gaya yang dihasilkan akan menarik pesawat untuk menghasilkan efek anti-torque.


Pada beberapa jenis helikopter, torque effect tidak diredam dengan T/R Blades tetapi dengan Rotor Blades kedua yang dipasang di belakang, di samping, atau di bawah M/R blades dengan arah putar saling berlawanan. Contoh yang dipasang di belakang diterapkan pada heli CH-46 Sea Knight, di samping pada Kaman HH-43B Huskie, dan di bawah seperti pada Kamov Ka-50 Hokum-A.


Arah gerak helikopter akan sangat tergantung dari besarnya pitch atau sudut antara posisi M/R blades saat berputar dengan garis horizontal atau sumbu lateral helikopter.


Image and video hosting by TinyPic


BERIKUT JENIS KEMUDI HELIKOPTER: • Cyclic StickKemudi berbentuk tongkat ini umumnya terletak di depan penerbang, di antara kedua kaki. Gerakan cyclic stick a kan mengubah besar sudut M/R blades secara keseluruhan. Akibatnya, arah M/R disc akan berubah, yang seianjutnya akan mengubah arah gerak helikopter. Jika tongkat digerakan ke kiri. M/R disc akan mengarah ke kiri, dan helikopter pun akan terbang ke kiri. Begitu seterusnya. • Collective Pitch ControlUmumnya terletak di sebelah kiri pinggul penerbang. Fungsinya, untuk mengubah sudut M/R hladessecara individual yang seianjutnya akan membuat lift pesawat berubah. Jika collective pitch dinaikkan, lift akan bertambah, dan helikopter akan membumbung. • Rudder PedalDiletakkan di sekitar kedua telapak kaki penerbang. Pedal-pedal ini biasa diinjak untuk mengubah sudut T/R blades. Arah gaya yang dihasilkan putaran T/R blades akan menentukan arah badan pesawat, ke kiri atau ke kanan. Bila sudut T/R blades netral, pesawat akan terbang stabil.


Helikopter akan mengarah terbang ke arah sudut pitch paling rendah. Sudut yang memungkinkan helikopter terbang ke depan, ke samping, atau ke belakang biasa disebut cyclic pitch. Sementara jika pitch dibuat sama, gerakkan yang dimungkinkan hanyalah ke atas dan ke bawah. Jika secara kolektif, sudut pitch dibuat mengecil, helikopter akan turun. Sedang jika secara kolektif, pitch dibuat membesar, helikopter akan membumbung. Itu sebab, sudut yang biasa dipakai untuk terbang hover disebut collective pitch.


Image and video hosting by TinyPicImage and video hosting by TinyPic


Apa itu AIR LAUNCH ?


Air launch. atau mungkin bahasa indonesia nya sistim peluncuran udara, selama ini sistem peluncuran udara memakai teknik konvensional dengan cara mengirimkan awak atau wahana ke angkasa menggunakan roket yang di luncurkan dari sebuah stasiun peluncuran stasioner (Fixed launch) ada beberapa stasiun fixed launch yang biasa di pakai yaitu di Cape Canaveral di Florida Amerika serikat, di Kurou (Guyana Perancis), di Shriharikota (India) dan di Baikonur (Kazakhstan). Pemilihan lokasi peluncuran tidak sembarangan, karena harus memiliki syarat syarat tertentu antara lain biasanya dipilih daerah yang berada di semenanjung dan berada di tepi samudera agar pada saat fase pembuangan bagian bagian pembakaran roket tidak jatuh ke pemukiman penduduk. metoda lain yang ada untuk meminimalkan anggaran adalah dengan menggunakan sistem peluncuran dari laut (sea launch). oyah. peluncuran lebih efektif dan paling optimal bila di lakukan di sepanjang garis katulistiwa, nah yang jadi masalah banyak negara negara maju justru berada jauh dari garis pembelah bumi tersebut, jadi banyak konsep konsep baru mengirim wahana ke angkasa dilakukan demi menekan biaya dan optimalisasi orbital.


Image and video hosting by TinyPic

Gambar pelepasan wahana yang di bawa oleh pesawat antonov (AN)



Yang ingin saya bahas disini adalah AIR LAUNCH dengan menggunakan pesawat, bersyukur Indonesia dijadikan project untuk konsep ini yang lokasinya berada di Biak, Papua. Biak di memiliki letak yang sangat strategis untuk mode peluncuran ini karena berada pada bibir samudera pasifik. mungkin teman teman ada yang penasaran bagaimana model AIR LAUNCH yang sedang dikembangkan di Biak, Papua ini. Nah metode air lauch ini menggunakan pesawat terbang sebagai wahana pembawa (carrier), jadi roket di bawa di punggung pesawat dan dibawa sama sebuah titik ketinggian tertentu (10-12 km diatas bumi) lalu kemudian melepaskan roket yang dibawa nya masuk ke orbit. Pesawat pembawa nya berukuran sangat besar, dan karena project Biak ini berkerja sama dengan Russia, maka pesawat pembawa nya merupakan jenis dari pesawat Antonov seperti AN 124 atau AN-225 Mrya (pesawat AN-225 ini konon terbesar di dunia, bahkan lebih besar dari A380 airbus, dan memiliki roda pendarat sebanyak 32 buah, mampu tinggal landas dengan berat 600.000 Kg, pesawat ini biasa digunakan sebagai airlift cargo untuk membawa pesawat, kereta api dan berbagai kiriman jumbo lainnya bahkan Guinness Book of Records mencatat 240 rekor berbagai aspek dari kemampuan pesawat ini). setelah mencapai kira kira 11.000 meter dari permukaan laut atau sekitar 500 km dari Kota Biak, pesawat melakukan manuver keatas dan kebawah hingga mencapai posisi ideal, kemudian satelit berikut roket pendorong keluar dari badan pesawat menggunakan system pneumatic (menggunakan tekanan udara). Setelah jarak antara roket dan pesawat mencapai 250 meter, secara otomatis roket menyala dan roket mulai melakukan tugasnya membawa satelit ke posisi orbit. Kemudian, pesawat Antonov AN 124 Ruslan yang membawa satelit itu kembali ke Bandara Frans Kaisiepo Biak setelah melakukan misinya itu.


Image and video hosting by TinyPic

gambar diatas merupakan sistem peluncuran konvensional ( fixed launch)

Image and video hosting by TinyPic

Pesawat Carrier (pembawa) yang bertugas membawa dan meluncurkan wahana antariksa sampai ke titik peluncuran di angkasa

Image and video hosting by TinyPic


gambar diatas merupakan sosok pesawat pembawa yang bisa membawa apa saja, seberat apapun di dalam nya dan sangup "menggendong" wahana angkasa/space shuttle BURAN atau pesawat ulang alik (gambar nomer 2 diatas )

Prinsip Kerja Hovercraft


Hovercraft, mungkin teman teman ada yang tahu atau pernah melihat apa itu hovercraft. Hovercraft merupakan sebuah wahana amphibi ( bisa bergerak di daratan dan perairan) dan juga kendaraan yang unik sekali dan sebetulnya sangat bermanfaat terutama di negara perairan seperti Indonesia ini. Pengertian Hovercraft sendiri secara teknis adalah adalah suatu kendaraan yang berjalan diatas bantalan udara (air cushion). Bantalan udara tersebut ditimbulkan dengan cara meniupkan udara ke ruang bawah hovercraft (plenum chamber) melalui skirt


(sekat yang lentur) sehingga tekanan udara didalam plenum chamber lebih tinggi daripada tekanan udara luar sehingga timbul gaya angkat. Untuk menggerakkan hovercraft, digunakan gaya dorong yang diperoleh dari propeller seperti pada pesawat udara.


http://www.bigracing.com/sitebuildercontent/sitebuilderpictures/hovercraft1.jpg



Hovercraft memiliki 3 bagian penting, yaitu Hull, skirt dan sumber tenaga (machine). Hull merupakan bagian bodi utama yang terbuat dari bahan alumunium atau fiberglass serta di buat kedap air untuk menahan kebocoran serta di dalam nya di beri bahan polyurethane foam untuk menjaga tetap mengapung walau ada kebocoran dalam hull pada stadium tertentu. Bagian Skirt adalah ciri utama sebuah hovercraft, yaitu sebuah bagian yang membuat kendaraan ini mengapung/mengambang dan fungsinya menahan udara agar tidak keluar skirt sendiri terbuat dari bahan kain (tekstil) yang dilapisi karet. Yang terakhir adalah bagian mesin yang merupakan sumber tenaga dari kendaraan ini untuk bergerak, tersedia mesin bertenaga bensin atau diesel dan sebuah baling baling besar (propeller) untuk menghasilkan daya dorong.


Penjelasan singkatnya adalah: Mesin memutar baling-baling (fan) melalui gearbox atau belt drive. Aliran udara yang dihasilkan fan akan mendorong hovercraft bergerak ke depan. Agar hovercraftbisa mengambang (hover), sepertiga dari aliran fan disalurkan melalui transfer duct. Udara dari transfer duct akan mengisi dan mengembangkan bantalan udara (skirt) yang dipasang di sekeliling bodi. Bagian bawah bantalan udara dilubangi sehingga udara bisa mengalir ke bawah dan mengangkat hovercraft. Agar bisa berbelok, di belakang fan dipasang rudder (kemudi belok) yang akan mengarahkan aliran udara ke kiri atau ke kanan. Sedangkan untuk pengereman dilakukan dengan cara mengurangi tenagadorong (reduce power) dan menggerakkan rucWerpada posisi tertutup (closed). Setelah itu matikan mesin dan dan hovercraft akan menggelosor (sliding).



Image and video hosting by TinyPicImage and video hosting by TinyPicImage and video hosting by TinyPic
Klik untuk memperbesar gambar


bagaimana udah jelas? sedikit tambahan, kendaraan ini sangat multifungsi dan bisa diandalkan di berbagai medan dan juga berbagai misi, seperti misi SAR (penyelamatan), misi militer (pendaratan amphibi, pengintaian, serta penyapu ranjau), misi kesehatan (aid), dan bahkan di beberapa negara seperti jepang (dipakai oleh maskapai JAL) telah memanfaatkan kendaraan Hovercraft sebagai kendaraan pembawa penumpang (komersial). Indonesia sangat potensial untuk di operasikan mengingat negara kita terdiri beribu ribu pulau sebagai penghubung antar pulau atau digunakan sebagai kendaraan pariwisata. Penggunaan hovercraft terbukti efektif menekan biaya operasi hingga 35% daripada pesawat. Yang membanggakan adalah putra bangsa kita sudah bisa menciptakan dan memproduksi nya dalam negeri, adalah hovercraft Hovpax (merupakan jenis militer keperluan buru sergap). So kita punya potensi, kita punya sumberdaya tinggal bagaimana kita mengembangkan nya saja!, salam!


http://www.urbanjunkie.co.uk/shopimages/products/extras/hovercraft%20rc%20400.jpg

http://www.hovercraftforsale.org/images/hov%20pod%20hovercraft.jpg

http://www.rhevans.co.uk/hovercraft.jpg

http://www.mddm.co.uk/Hover/images/bits/Hovertravel_hovercraft_01.jpg


http://en.wikivisual.com/images/7/7d/USN_hovercraft.jpg


http://cache.gizmodo.com/assets/resources/2008/05/zubr1.jpg


Galeri Foto dan Video Kekuatan Militer IRAN

http://3.bp.blogspot.com/_ON1QYE9Ii8E/Sb45K7v3R5I/AAAAAAAAB5U/A0Ja-iZS-oo/s400/iran-rocket+flag.jpg

http://4.bp.blogspot.com/_mzu2AgJ7QcU/SHl4ELLcaoI/AAAAAAAAAQk/ebPEK8xTkhw/s400/ar%2Biran-ethnic-groups.gif




Mengintip Hovercraft tahun 1960

hovercraft

hovercraft

hovercraft

hovercraft

hovercraft

Terowongan Channel (Channel Tunnel)

Terowongan Channel atau lebih dikenal “Channel Tunnel” atau di prancis terkenal dengan nama “chunnel” merupakan terowongan bawah laut yang menghubungkan Inggris dan Perancis.Terowongan ini merupakan terowongan rel terpanjang dan juga salah satu keajaiban dunia modern. Dibangun dengan dana 15 milyar dollar AS dan Menghubungkan kedua negara melewati sebuah lat (selat Channel) merupakan sebuah hal yang tidak mudah, karena perlu pengerjaan konstruksi yang sangat rumit dan di kerjakan dari dua arah ( Perancis dan Inggris).Panjang keseluruhan terowongan ini adalah 50.45 Km dan 39 Km diantara berada di bawah air. Bener bener menakjubkan!Untuk menempuh jarak terowongan ini hanya memerlukan waktu 20 menit dengan menggunakan kereta berkecepatan tinggi.



Image and video hosting by TinyPic


Ide awal dari pembuatan terowongan dan menghubungkan Inggris – Perancis ini sudah mulai ada sejak dua abad lalu hanya saja baru di realisasikan pada 1987. Titik pembangunan terowongan ini adalah Calais di Perancis dab Folkestone di Inggris. Pengerjaan nya sendiri melibatkan 15.000 orang yang yang dilakukan secara terus menerus dari kedua ujung ( pembangunan terowongan dan jembatan memang menggunakan teknik pembangunan dari dua arah). Menggali terowongannya pun menggunakan peralatan yang sangat besar yaitu Tunnel Boring Machine (TBM) yang mempunyai daya Bor 76,2 dan memiliki kombinasi fungsi alat-alat berat antara lain seperti mesin bor dan mesin pengeruk. Hampir 4 juta m³ kapur yang digali di daerah Inggris dan secara keseluruhan tanah yang dikeruk sejumlah 8 juta m³ dengan kecepatan rata-rata 2400ton per jam. Keuntungan lain menggunakan mesin ini adalah tidak mengganggu kondisi sekitarnya dan dapat menghasilkan dinding terowongan yang halus. Terowongan Channel memilik 3 jalur terowongan yang digunakan untuk di lewati kereta, dua diantara nya memilik diameter 7,6 Meter dan sebuah terowongan kecil untuk keperluan maintenence atau keperluan Emergency. dalam keadaan darurat. Kedalaman terowongan bervariasi dari 45 meter sampai 75 meter di bawah permukaan laut.


Terowongan channel ini di operasikan oleh Eurotunnel plc. Chunnel - dimana Chunnel adalah kependekan dari The Channel Tunnel, Proyek berbiaya besar ini awalnya dimulai dengan beberapa kesalahan, dan akhirnya selesai dibangun pada 1994. Beberapa waktu yang lalu terowongan ini pernah mengalami kebakaran selama 20 jam yang di sebabkan oleh sebuah kereta barang, kebakaran ini mengakibatkan temperatur terowongan mencapai 1000 derajat celcius. Setiap harinya 40.000 orang melintasi terowongan ini (pz)

Foto Pemain MU Memakai Batik


Foto Pemain MU Memakai Batik - Untuk menantikan kedatangan klub Raksasa Sepak Bola dunia Manchester United (MU) yang melakukan tour di Indonesia pada 20 Juli mendatang berbagai hal unik untuk penyambuatan pesta akbar inipun sudah terasa di Indonesia dan salah satunya adalah iklan Oprator GSM 3 yang menggambarkan para pemain MU sedang mengenakan batik.


Pemain MU yang memakai baju khas Indonesia tersebut saat ini banyak terpampang dibaliho-baliho berbagai sudut kota di Jakarta, dan yang terlihat turut memakai batik tersebut adalah Wayne Rooney, Park Ji Sung, Michael Carrick, dan Sir Alex Ferguson sebagai pelatih kesebelasan MU.

Berikut adalah foto-foto Pemain MU mengenakan batik, baju Khas asal Indonesia pada iklan oprator seluler 3, dimana foto ini blog Karo Cyber peroleh dari forum kaskus.us salah satu forum terbesar di Indonesia.



[pemain_MU_batik.jpg]
[pemain_MU_batik1.jpg]
[pemain_MU_batik2.jpg][pemain_MU_batik3.jpg]

Blog Archive

Bagaimanakah pendapat Anda tentang Blog saya?

Terima kasih kepada teman teman dan rekan rekan