Pemburu Badge Foursquare di Indonesia

Foursquare, layanan jejaring sosial berbasis lokasi yang sedang naik daun ini rupanya memang mengena di hati pengguna internet di Indonesia. Jika dibandingkan dengan layanan serupa seperti Gowalla, Brightkite dan bahkan Koprol, foursquare memang cenderung mampu mengikat para penggunanya untuk terus menggunakan layanan mereka. Faktor utama yang membuat Foursquare unggul adalah fitur Badge, dimana penggunanya harus menaklukkan tantangan tertentu untuk mendapatkan reward berupa badge.

Sejak setahun belakangan ini, nama Indonesia melejit di kalangan pengguna Foursquare karena keaktifannya dalam mengumpulkan badge foursquare. Misalnya beberapa bulan lalu dimana ada lebih dari 250 pengguna foursquare melakukan checkin di satu tempat guna mendapatkan "Super Swarm" badge. Tentu saja yang benar-benar berada di tempat tersebut hanya beberapa saja, sisanya hanya melakukan false-checkin dari tempat yang berbeda.

Fenomena ini memang cukup menarik untuk diamati, terutama ketika beberapa bulan belakangan ini para "pemburu badge" agak berkurang aktivitasnya. Hal ini mungkin disebabkan karena mereka sudah hampir memiliki semua badge yang disediakanb oleh Foursquare, jadi mereka lebih menunggu tantangan berikutnya dari Foursquare. Dan ketika beberapa hari lalu Foursquare merilis beberapa badge baru yang berkaitan dengan event Haloween, maka para pemburu badge kembali aktif untuk merebut badge yang baru dirilis oleh Foursquare.

Pemburu badge memang tidak hanya ada di Indonesia, di luar negeri pun cukup banyak orang-orang yang melakukan fake checkin demi mendapatkan badge namun tetap belum ada yang mengalahkan pemburu badge dari Indonesia. Bahkan, di sebuah website yang membahas badge Foursquare - aboutfoursquare.com, komunitas pemburu badge internasional justru menganggap pemburu badge di Indonesia sebagai perintis ditemukannya badge-badge baru dan cara untuk mendapatkannya.

"New badge? Let the Indonesians figure it out," komentar seseorang di website aboutfoursquare.com.

Nah, sekarang tentu bagaimana para brand dan startups bisa memanfaatkan keingintahuan dan perilaku berinternet di Indonesia? Melihat perilaku mereka demi mendapatkan badge foursquare, sudah pasti Indonesia sangat mudah dirangsang dengan imbalan yang tepat.


sumber : http://id.news.yahoo.com/yn/20101103/ttc-pemburu-badge-foursquare-di-indonesi-a205e32_1.html

Label: | edit post
0 Responses

Posting Komentar

Adsense Indonesia

Blog Archive

Bagaimanakah pendapat Anda tentang Blog saya?

Terima kasih kepada teman teman dan rekan rekan